Galau Digital: ZTE Blade V5 vs. Lenovo S850

Kayanya sudah lumayan lama tidak bikin Galau Digital. Lumayan kangen juga, pilah-pilih gadget favorit di tengah begitu banyak gadget baru yang beredar. Akibat iseng browsing di Lazada, saya menemukan dua ponsel ini: ZTE Blade V5 dan Lenovo S850. Keduanya punya harga yang kurang lebih sama, dan dua-duanya sama-sama menarik. Meski masa pre-order sudah lewat, konon kabarnya bakal segera tersedia lagi stoknya. Juga akan segera masuk toko offline dalam waktu dekat. So, which one should I get?

Desain, Spesifikasi, dan Layar

Baik ZTE Blade V5 maupun Lenovo S850 punya desain bodi yang terbilang menarik. Sederhana, tidak banyak aksen yang aneh atau berlebihan. Menilik dimensinya, dua smartphone ini sebenarnya mirip. ZTE sedikit lebih ramping, tapi Lenovo lebih tipis beberapa mm.

ZTE-Blade-V5-White

Kalau melihat ukurannya, dua smartphone ini seharusnya nyaman sekali di tangan. Pas, meski layarnya berukuran 5 inci. Layarnya juga sama-sama punya resolusi 720 x 1280 pixel.

Kedua ponsel ini menggunakan processor Mediatek MT6582 quad-core berkecepatan 1.3GHz. Dua-duanya juga punya RAM 1GB, tapi RAM di ZTE Blade V5 sudah menggunakan LDDR3. Performa dua smartphone ini pasti lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari hingga 3D gaming, apalagi ada Mali-400MP2.

Yang membedakan ZTE Blade V5 dengan Lenovo S850 adalah kapasitas penyimpanannya. Lenovo S850 punya memori internal 16GB, sementara ZTE Blade V5 hanya menyediakan 8GB. Tapiiiiii, Blade V5 dilengkapi dengan slot MicroSD, jadi pengguna bisa bebas menambah kapasitas penyimpanan sendiri.

So far, the ZTE Blade V5 is looking good!

Kamera & Baterai

Salah satu fitur penting yang selalu saya cari dari sebuah smartphone adalah kameranya. Dua-duanya memang punya kamera 13-megapixel dan kamera depan 5-megapixel. Dua-duanya juga menggunakan lensa yang kurang lebih sama, wide angle dengan bukaan besar untuk pengguna yang suka selfie bersama-sama. Tapi kalau menilik hasil foto dari dua smartphone ini, karakter hasil kamera ZTE Blade V5 lebih baik. Ada banyak fitur tambahan juga yang bisa dimanfaatkan, termasuk face recognition dan built-in image editor.

lenovo-s850

Sementara itu, ZTE Blade V5 juga menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar, 2.400 mAh (Lenovo S850 hanya menyediakan 2.000 mAh). Ini berarti ZTE Blade V5 bisa bertahan lebih lama ketika digunakan. ZTE juga punya kemampuan mengelola daya yang sedikit lebih baik. Ini dibuktikan pada seri smartphone Nubia. All in all, rasanya ZTE Blade V5 lebih bisa bertahan seharian tanpa perlu repot mencari colokan.

So, which one should I choose?

Satu hal penting yang tidak bisa dilupakan dari ZTE Blade V5 adalah harganya yang lebih murah dari Lenovo S850. Don’t get me wrong. These two phones offer incredibly good value for money. Kombinasi fitur dan spesifikasi yang ditawarkan jelas lengkap sekali untuk range harga ini. Karena ZTE Blade V5 kini dipasarkan di bawah Rp 2.000.000, dan smartphone ini unggul di beberapa fitur, rasanya ZTE lah pilihan terbaik.

What do you think? Yang mana yang jadi pilihan kamu?

6 Comments

    • Wooh, blogku dikomenin mas Cumi yang ngehitz!
      Apalah mas Cumi ini, tinggal minta pasti banyak brand yang antri mau ngasih.

  1. zte blade v5 vs lenovo a6000 bgus mana??

    sbnar nya lbh unggul zte atau lenovo??
    trima kash

    • Dua ponsel ini (ZTE V5 & A6000) punya range harga yang berbeda sih, tapi di atas kertas Lenovo A6000 lebih bagus dan lebih murah.

      Kalau soal merek, ZTE dan Lenovo bagus-bagus kok. Kembali ke budget dan keperluan saja.

Leave A Reply

Navigate