Advan G1 Pro: Fokus Pada Fitur Keamanan

Nggak tahu sih kalau kalian, tapi gue merasa pasar ponsel dalam negeri akhir-akhir ini sedikit membosankan. Pasar seperti dibanjiri ponsel-ponsel yang fokus pada satu hal: selfie. Makanya ketika gue memperhatikan beberapa rekan tech enthusiast cerita tentang Advan G1 Pro, gue jadi agak tergoda untuk ikutan coba.

Beda dari ponsel kebanyakan, Advan G1 Pro punya fokus pada fitur keamanan. Sure, ponsel ini tetap menyediakan kamera depan yang oke untuk selfie, lengkap dengan flash dan fitur beautify untuk bikin wajah jadi mulus, tapi beberapa fitur keamanan yang disediakan justru menarik buat gue.

Daily Driver Yang Menggemaskan

Sebelum gue bahas fitur keamanan yang ditawarkan si Advan G1 Pro ini, let’s get a few things out of the way. First, the design. Bagian depan Advan G1 Pro ini terasa mewah dengan layar yang melengkung di bagian sisinya. Layarnya sendiri juga bagus, berukuran 5 inci dan dengan panel IPS yang kualitasnya oke. Resolusinya 720 x 1280 pixel, tapi warna keluar sempurna, brightness juga cukup bahkan ketika digunakan di bawah terik matahari.

Advan Digital memilih menjodohkan processor Mediatek MT8735 dengan empat core Cortex-A53 yang berjalan di kecepatan 1.3 GHz dengan GPU Mali-T720MP2 dan RAM 3 GB. Hasilnya? Ponsel ini cukup mampu melahap aplikasi yang biasa dipakai dan beberapa game ringan hingga menengah.

Pengalaman pengguna yang disuguhkan IdOS (Indonesian Operating System) juga cukup oke, meskipun sedikit menggemaskan buat gue pribadi. Terbiasa dengan ponsel serba gesit dan minim animasi, IdOS yang titik beratnya lebih di smoothness dan fun jadi terasa sedikit lambat. Transisi antara satu aplikasi ke aplikasi lain dibuat smooth sekali.

Ada fingerprint sensor di bagian belakang untuk keamanan ekstra. Oh iya, bagian belakang Advan G1 Pro ini terbuat dari metal yang finishingnya juara untuk ponsel di kelasnya. G1 Pro termasuk salah satu ponsel yang paling nyaman untuk digenggam, apalagi karena beratnya juga pas.

Aman Dari Tukang Intip

Seperti gue bilang tadi, yang menarik dari ponsel ini justru fitur keamanannya. Selain fingerprint sensor yang responnya cepat, Advan G1 Pro juga dilengkapi Xlocker. Bedanya, Xlocker ini berfungsi untuk mengunci aplikasi, bisa dengan password atau dengan muka kita alias pakai Face Unlock.

Surprisingly accurate, lho! Bahkan ketika kondisi pencahayaan kurang, Xlocker masih bisa mengenali muka gue yang menyatu sempurna dengan kegelapan malam. Aplikasi yang bisa dikunci juga banyak, termasuk messaging apps seperti Whatsapp dan tentunya galeri foto kita.

Nah, ketika ada yang coba-coba mengintip, Xlocker akan otomatis merekam wajah si mata-mata lewat kamera depan. Misalnya kalau pacar kalian mendadak kepo dan mau intip-intip Whatsapp, salah memasukkan password waktu unlock app saja akan bikin Xlocker merekam foto, waktu akses, dan aplikasi yang dicoba dibuka.

Masih nggak ngerasa cukup aman? Lo juga bisa memisahkan data pribadi yang lebih sensitif. Kontak, SMS, foto, video, aplikasi, atau file lain di ponsel bisa disimpan di ruang privasi dengan akses khusus. Cuma pemilik ponsel yang tahu bagaimana cara aksesnya, jadi lebih aman.

Advan G1 Pro bahkan bisa mengkamuflase kontak. Punya kontak gebetan yang nggak mau diketahui pacar? Tenang, lo bisa ganti nama dan nomor yang tertera dengan bantuan fitur ini. Ketika ada SMS atau telepon yang masuk, nama dan nomor yang muncul jadi terkamuflase.

I kinda like how Advan integrated Android’s Guest Mode too. Dan ada Permission Management juga, jadi kita bisa atur aplikasi yang jalan waktu start up dan aplikasi apa yang boleh jalan di background. Security-wise, you’re good.

All-Rounder Yang Menarik

Dipasarkan dengan harga Rp 1.799.000, Advan G1 Pro ini jadi all-rounder yang menarik. Gue bahkan belum bahas kameranya. Kamera depannya 8-megapixel dan dilengkapi dengan LED flash, sementara di bagian belakang ada kamera 13-megapixel dengan lensa yang berkualitas. In good light, you can get good photos with this phone.

Hal lain yang menurut gue menarik adalah atensi ke fitur audio. Now that high-quality audio files are more accessible, punya output audio berkualitas jadi hal yang wajib buat ponsel. Jangan lupa kalau semua fitur ini bukan datang dari ponsel dengan harga di atas 3 juta. That makes Advan G1 Pro a very interesting all-rounder.

2 Comments

  1. Mulai dari pacar yang gak bisa intip2 whatsapp, sampai bisa kamuflase kontak gebetan.

    Kayaknya ini hape bisa jadi salah satu sumber konflik hubungan deh :)))

Leave A Reply

Navigate