Samsung NX3000 Goes to Jogja

Bukan rahasia kalau saya penyuka Samsung Camera. Banyak yang mengira Samsung mengendorse saya secara resmi, tapi ini sesungguhnya tidak benar. Saya sering bercerita terbuka tentang Samsung Camera, khususnya Samsung NX300 yang saya pakai, karena saya memang konsumen yang bahagia.

Ketika Samsung meluncurkan Samsung NX3000, saya termasuk yang paling dulu menyatakan kecewa. Kenapa? NX3000 tidak lagi dilengkapi touchscreen. Sebagai gantinya, Samsung menyematkan layar AMOLED dan sekumpulan tombol yang didesain sedemikian rupa untuk memudahkan mengambil gambar.

Sampai akhirnya saya berkesempatan mereview Samsung NX3000 untuk Shoppingmagz. Kamera kecil ini saya ajak menaklukkan kondisi-kondisi memotret yang cukup sulit. Hasilnya? Lagi-lagi saya dibuat kagum. Oke, ini mungkin pendapat saya secara subjektif, tapi NX3000 sama sekali tidak mengecewakan.

Bulan Madu ke Jogja

Dalam rangka Samsung #NX3000IniIndonesia, saya dan beberapa rekan lain (@ifnhr, @cumilebay, dan @wiranurmansyah) diberi kesempatan mencoba Samsung NX3000 lebih jauh dalam sebuah perjalanan seru ke Yogyakarta. I was on vacation at the time, tapi kesempatan ini terlalu menarik untuk dilewatkan. Saya memang sudah pernah mereview NX3000, tapi masih ada beberapa hal yang bikin saya penasaran. Perjalanan ini jadi kesempatan yang baik untuk berbulan madu bersama kamera ini, terlebih karena ada teman-teman dari Samsung Indonesia yang juga bisa dicuri-curi ilmunya.

Perjalanannya sendiri sangat menyenangkan. Saya sampai di Yogyakarta agak terlambat karena berangkat dari Surabaya. Itupun saya harus menikmati menginap semalam – dan semalam lagi ketika pulang – di Bandara Juanda, Surabaya, demi bisa ikutan #NX3000IniIndonesia.

Perjalanan kami dimulai dengan mengunjungi kedai soto Kadipiro III tidak jauh dari bandara. Food photography, perfect! Dengan kondisi pencahayaan yang seadanya, NX3000 berhasil merekam soto nan nikmat ini dengan baik. Rasa penasaran saya semakin tergelitik.

Di atas kertas, Samsung NX3000 punya sensor yang sama dengan NX300. Akan tetapi, saya curiga sensor ini ditingkatkan kemampuannya. Beberapa kali saya bandingkan, NX3000 mampu merekam lebih banyak detail di kondisi cahaya yang minim. Ketika digunakan memotret di dalam ruangan dengan penerangan seadanya, misalnya, hasil foto NX3000 malah terlihat lebih jernih.

Mampir di Gumuk Pasir, Kebun Buah Mangunan Jogja, dan beberapa destinasi lain, saya tidak terlalu banyak bercanda dengan anggota rombongan yang lain; Ifan bahkan sempat komentar, saya seperti tidak menikmati perjalanan ini. Bukan, bukan karena tidak menyenangkan, tapi karena saya malah asyik dengan NX3000 saya sendiri. Sampai akhirnya si NX3000 kehabisan baterai saat peserta lain masih asyik memotret. Kebiasaan buruk, saya lupa ngecharge.

Untungnya, NX3000 menggunakan baterai yang sama dengan baterai ponsel Samsung. Proses pengisian daya juga bisa dilakukan menggunakan powerbank. Pinjam powerbank milik Ifan (akhirnya habis dayanya karena saya pakai ngecharge) dan NX3000 saya siap bertempur lagi.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Di ujung hari pertama ini, kami dibawa mengunjungi puncak Gunung Merapi Purba Nglanggeran untuk menikmati sunset di sana. This is another opportunity to explore yet another of NX3000’s strong suits: high dynamic range. Iya, sensor NX3000 punya kemampuan merekam rentang kontras yang terbilang luas. Pasang NX3000 di tripod, dan foto-foto ini kemudian terekam dengan baik.

Pagi di Borobudur

I’m in love. No, seriously. I’m in love. Ketika saya beralih ke NX300, saya dibuat jatuh cinta dengan bentuknya yang kecil dan kemampuan merekam gambarnya yang baik. Karena NX300-lah saya kemudian jadi kembali menikmati fotografi; kamera itu masih saya bawa ke mana saja saya pergi.

Kini dengan NX3000, Samsung membuat saya jatuh cinta lagi. Setelah seharian ‘hunting serius’ bersama NX3000, saya jadi sangat menyukai kamera ini. Yes, the lack of touchscreen still bugs me every now and then, tapi tidak lagi jadi masalah besar. Ketika kami dibawa mengunjungi Borobudur pada pukul 4 pagi untuk menikmati sunrise di sana, saya begitu bersemangat! (mind you, I’m never excited about waking up that early.)

Sayangnya, sunrise pagi itu tidak sespektakuler yang dibayangkan. Still, saya dan NX3000 saya masih berhasil merekam beberapa foto yang menarik.

1000 Merah Putih di Merapi

Banyak yang bilang Samsung NX3000 adalah kamera mirrorless untuk pemula. That may not be entirely true. Kamera ini memang dibuat agar mudah digunakan, bahkan saat kamu tidak mau direpotkan oleh setting manual dan berbagai keruwetan lainnya. Akan tetapi, NX3000 masih bisa diajak susah, layaknya pasangan yang diidam-idamkan para jomblowan dan jomblowati.

Itulah kenapa ketika rekan-rekan dari Samsung Indonesia mengajak kami ke kaki Gunung Merapi untuk turut serta menyaksikan acara pengibaran 1000 bendera oleh komunitas Seribu Cita Satu Indonesia, saya tersenyum sumringah. Ini kesempatan lain untuk mengajak NX3000 saya hidup susah di bawah teriknya matahari dan kontras yang luar biasa tinggi.

As expected, NX3000 kembali membuktikan diri sebagai pasangan yang layak dicintai. Yang pada jomblo nggak boleh iri.

A Fun Trip All Around

It was a really fun trip, but all good things must come to an end at some point. Duduk di Solaria Bandara Adisucipto, I had a big smile on my face. Matahari Jogja menyelinap dari sela-sela jendela dan mengucapkan salam perpisahannya.

As for the camera, lagi-lagi saya merekomendasikan NX3000 bagi siapa saja yang mencari kamera mirrorless yang compact, mudah digunakan, dan punya kemampuan merekam gambar yang bagus. At its price point, the NX3000 is one of the best in its class. As subjective as it might be, ini pendapat pribadi saya sebagai happy user Samsung Camera.

Thanks for the amazing trip, @Samsung_ID. I genuinely look forward to seeing the successor of NX300. Melihat perkembangan pesat Samsung Camera di beberapa seri terakhirnya, saya benar-benar tidak sabar menunggu penerus NX300. Ssstt….konon kabarnya, si NX berikutnya akan segera dirilis! 

26 Comments

  1. Ry, kalau dikasih kesempatan buat nyobain NX1, ikutan nyicip-nyicip dikit juga dong. Penasaran sama kemampuan videonya.

  2. Mas nanya donk.. Saya galau antara mau beli nx3000 atau nx mini.. Secara harganya sama aja.. Dan sbg perempuan pasti tergiur warna2 lucu nx mini.. Hihihi.. Jd gmn donk??

    • Mending ambil NX3000. Lebih recommended.
      Sensor NX3000 lebih besar, jadi kemampuan low-lightnya juga lebih baik. Besides, NX3000 putihnya cantik kok. 🙂

  3. Mas, mohon advis nya.
    Saya tertarik sama samsung nx300m atau samsung nx3000, sepertinya saya baca masbro telah menggunakan keduannya, manakah yang terbaik?

    Profesi saya bukan fotografer profesional, saya newbie hanya senang kreasi foto yang bagus. Penggunaan kamera untuk street photography, landscape (alam) photography, potreit, macro …

    terima kasih sebelumnya.
    tweet@ardhianr, IG@ardhianr

    • Di antara dua itu, saya pribadi lebih suka NX 300M. Kontrolnya lebih enak, dan autofocus-nya lebih cepat. Tapi NX3000 juga bagus kok, kualitas gambarnya nggak kalah. Pilih yang sesuai budget aja.

  4. Mas Ary mau nanya. Saya pengguna Samsung NX3000 & saya pun tertarik sama yang seri NX300m. Pengen beralih ke NX300m tapi masih ragu. Saya tertarik sama fitur bisa upload foto ke Facebook dari kamera melalui wifi. Bisa sharing pengalaman dengan fitur tersebut nggak karena sebelumnya saya baca kalo Mas Ary pernah juga pakai yang NX300m? Apa bisa share foto tanpa harus menggunakan kuota internet? Oya satu lagi apa benar di seri NX300m nggak ada fitur panorama? Mohon jawabannya.

    • NX3000 juga bisa share langsung ke Facebook harusnya. Fitur Wi-Finya sama persis kok.

      NX300m ada fitur panoramanya juga, sama.

      Untuk share foto, tetap harus terhubung ke hotspot/access point yang terhubung ke internet.

      • Arif Budiyawan

        Makasi mas Ari jawabannya. Kalo share langsung dari kamera Samsung NX3000 ke facebook sampe saat ini saya belum nemu fiturnya. Paling saya share dulu ke hp baru share ke facebook. Tapi setelah tau ternyata tetap butuh koneksi internet untuk bisa share ke jejaring sosial seperti facebook akhirnya saya nggak terlalu minat sama fitur yang ada di samsung nx300m. Terus soal panorama, iya baru tau ada juga setelah baca” di internet. Pada akhirnya saya tetap pake Samsung NX3000. Ya paling kekurangannya agak kesulitan kalau disuruh foto objek yang bergerak.:)

  5. pagi mas…sy pemakai nx3000 dan baru turun dari gunung….nah pas di gunung nx3000 sy banyak terkena debu ,lalu setelah pulang sy bersihkan dengan lap…. yang sy mau tanyakan apa itu sudah cukup? bagaimana cara tau kalau kamera kita masih terdapat debu di dalamnya? makasih mas sebelumnya 🙂

    • Debunya sampai masuk ke dalam body? Baiknya sih diperiksa ke Service Center. Terakhir ke Gumuk Pasir lensa NX temen sampai macet total.

  6. Mas mozta, apakah nx3000 bs dipasangkan dengan lensa lain..sy berencana mencari lensa prime..yg masuk budget adalah canon 50mm f1.8 apakah bs digunakan di nx3000? Jika menggunakan adapter apa saja kekurangannya? Terima kasih sebelumnya

    • Halo, mas.

      NX3000 bisa pake adapter EOS – NX, tapi tidak ada fungsi autofocus. Beberapa adapter juga cuma bisa pakai fixed aperture (bukaan terbesar) dan tidak bisa diganti.

      Aku tetep lebih recommend lensa native NX sih. Samsung 45mm f1.8 (versi yang non-3D) tajam & bagus banget.

  7. Halo kak, aku pengguna nx3000 sekitar 5 bulan, bener2 newbie. Penggunaan nx3000 sebatas foto acara2 keluarga. Tapi sekarang suka bingung, udah berkali2 setiap aku lagi preview foto2, tiba2 aja keluar dari preview, posisi camera standby mode gitu, trus kayak muncul opsi mode yg auto/portrait/manual/dll itu. Hmm kayak gitu kira2 apanya yg bermasalah ya… terima kasih!

    • Mas Ozi, kebetulan aku nggak pernah nglamin dan sudah nggak pake NX3000, jadi nggak bisa kasih solusi.

      Coba main ke forum pengguna NX di Kaskus. Ada banyak rekan-rekan yang bisa bantu di sana.

  8. Aku juga pake ini, tapi kenapa hasilnya ga sebagus itu? Kenapa? Kenapa?
    Oke, device sama kalau dipake fotografer mualaf mah sama aja, yak? Hahahah.

  9. alvianis23 Reply

    Halo kak, mw tny nih q pengguna newbi nx3000 sukanya pake auto..gmn y biar hasil bagus dg seting manual dg lensa bawaan…suka bgg kl mw nyoba manual g paham hrs berbuat apa

    • Sepertinya terlalu panjang kalo dibahas di comments. Coba main ke digital-photography-school.com deh, ada banyak sekali resource menarik untuk pemula. I’ll try to write a few tips on this blog whenever I can.

  10. mas lbh baik bli nx3000 +45mm atau nx3000 +50-200mm? buat foto model bokeh. scr harga hmpir sama

  11. Halloo Mas Ary, kalau mau beli samsung NX 3000 kira2 dimana ya, soalnya semua toko kamera di Bali udah g jual lg. mohon infonya Mas. Thank you.

    • NX3000 seharusnya sudah discontinued, mas, tapi ada beberapa toko online yang masih jual. Coba cek marketplace kaya Tokopedia, atau toko kamera online kaya Tokocamzone.

  12. Selamat pagi mas kalo disuruh milih samsung nx300m sama fuji xa-2 bagusan yg mana ?

Leave A Reply

Navigate